Harga Karpet Masjid Polos Meteran Serta Cara Perawatannya

Informasi Karpet Masjid

Karpet masjid yang biasa digunakan sebagai alas ibadah memiliki ragam variasi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari karpet polos, motif, buatan lokal hingga produk impor. Karpet khusus untuk masjid ini sendiri biasa dijual per meter ataupun per gulungan. Harga karpet masjid polos meteran ataupun gulungan biasanya tidak akan berbeda jauh. Agar karpet yang dibeli bisa awet serta tahan lama, tentu dibutuhkan cara-cara perawatan yang baik serta benar. Tentu akan sangat tidak nyaman rasanya apabila karpet yang dijadikan alas ibadah ini kotor dan tampak tidak menarik. Tips perawatan karpet harus turut diperhatikan. Salah satu tujuannya adalah agar karpet bisa tetap tampak menarik, warnanya tidak pudar serta tidak mudah rusak. Umumnya, salah satu cara yang biasa digunakan adalah melalui jasa laundry.

Cara Penggunaan Karpet Yang Benar

Namun, beberapa cara perawatan di bawah ini bisa kita lakukan tanpa harus membawa karpet ke tempat laundry. Karpet yang turut dijadikan penghias masjid ini dapat kita rawat salah satunya melalui cara-cara penggunaan yang benar. Ketika tampak ada noda di atas karpet, maka jangan langsung terburu-buru membawanya ke tempat laundry, karena ada beberapa cara praktis dalam mengatasinya. Mulai dari menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu, menekan daerah yang kotor menggunakan lap hingga bersih serta menjemur dengan cara diangin-anginkan. Harga karpet masjid polos meteran yang kita bayarkan akan sepadan dengan kualitasnya, apalagi jika karpet bisa tahan lama berkat perawatan yang tepat. Salah satu masalah yang kerap ditemukan pada karpet masjid adalah adanya bulu-bulu ataupun rambut yang tampak menempel pada permukaan karpet. Jangan khawatir karena kita bisa membersihkannya menggunakan sapu lidi.

Melakukan Perawatan Karpet Masjid

Lakukan pembersihan ini secara rutin agar rambut atau bulu tidak menumpuk yang akan membuatnya sulit untuk dibersihkan. Selanjutnya, usahakan untuk mengubah posisi karpet minimal sekali dalam tiga bulan. Hal ini agar bagian karpet yang sering terinjak kaki dapat berganti. Cara ini dapat kita lakukan sendiri tanpa harus membawanya ke laundry. Kualitas karpet yang dibeli akan tetap terjaga serta aman bagi kesehatan. Selesai wudhu, jangan langsung menginjak karpet, namun keringkan kaki terlebih dahulu agar karpet tidak basah. Karpet yang basah akan dapat mengeluarkan bau tidak sedap atau bahkan menyebabkan jamur. Jika karpet sudah mulai mengeluarkan bau tidak sedap maka segeralah menjemur di bawah sinar matahari. Harga karpet masjid polos meteran yang mahal sekalipun akan dapat rusak materialnya apabila tidak dirawat dengan baik.

Langkah-langkah Merawat Karpet Masjid

Menjemur karpet di bawah terik matahari juga sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, karena akan dapat membuat warnanya pudar. Alternatifnya, pengeringan pada daerah karpet yang basah bisa menggunakan hair dryer. Jika warna karpet telah memudar, maka taburkan garam di area karpet yang telah memudar tersebut. Diamkan selama satu jam lalu bersihkan menggunakan vacuum cleaner. Noda membandel pada karpet bisa diatasi menggunakan lap yang telah dibasahi menggunakan air. Tekan pada bagian yang kotor agar kotoran dapat terangkat. Peras lap dan ulangi lagi sampai benar-benar bersih. Apabila semua tips di atas tetap tidak membantu dalam pembersihan karpet, maka barulah kita pertimbangkan untuk membawa karpet ke tempat laundry. Demikian uraian seputar harga karpet masjid polos meteran serta cara perawatannya yang dapat kita lakukan sendiri. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi kita dalam merawat karpet yang ada di dalam rumah ibadah.