Langkah Terbaik Mencuci Karpet Masjid

Sebenarnya untuk mencuci dan membersihkan karpet masjid itu tidak susah. Asalkan Anda teliti dan rajin untuk membersihkannya, maka proses untuk mencucinya menjadi lebih mudah. Yang jelas, Anda bisa menerapkan 3 cara untuk membersihkan karpet dengan mudah. Yaitu, dengan menggunakan sabun khusus, bantuan sikat halus, dan juga menjemurnya dengan cara diangin-anginkan.

Dimana untuk lebih lengkapnya nanti, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini, agar nantinya Anda bisa mencuci karpet masjid tersebut dengan lebih bersih dan optimal, antara lain:

  1. Anda bisa memakai bantuan dari cairan pembersih yang secara khusus dibuat guna keperluan mencuci karpet. Untungnya, produk cairan pembersih yang digunakan untuk membersihkan karpet sekarang ini sudah banyak dijual disini.
  2. Jangan pernah memakai detergen pakaian untuk mencuci karpet ini. Karena bahan tersebut dapat merusak bagian serat dari bahan karpet tersebut. selain itu, pemakaian detergen juga biasanya lebih boros, karena memerlukan detergen yang banyak.
  3. Bila tidak ada cairan pembersih, maka Anda bisa menggunakan sabun khusus untuk membersihkan karpet tersebut.
  4. Tak hanya itu saja, sebaiknya Anda menggosok bagian permukaan karpet menggunakan sikat hingga bersih secara optimal. Sebaiknya, gunakan sikat berbulu yang lembut supaya serat kain tidak rusak.
  5. Ketika menyikat, Anda harus melakukannya dengan sepenuh hati dan tidak boleh kasar. Jadi fokuskan saja pada bagian area tengahnya saja. Karena, benang yang terpasang di bagian tepi karpet masjid ni umumnya mudah sekali rontok jika disikat terlalu sering.
  6. Ingatlah, bahwa cahaya matahari itu memiliki kandungan sinar ultra violet dan juga sinar infra red yang dapat merusak bahan karpet. Sehingga, jika Anda menjemur karpet masjid ini secara langsung di bawah terik matahari, hal ini akan membuat warna karpet menjadi mudah memudar dan juga akan membuat seratnya mudah rusak.

Karena itulah, sebaiknya cara terbaik untuk mengeringkan karpet masjid ini adalah dengan memanfaatkan angina. Yaitu, dengan cara menjemur karpet di bagian yang mempunyai sirkulasi udara yang baik dan teduh. Sehingga, karpet semakin terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *